Senin, 30 Mei 2011

Pulau Masalembu, “The Indonesian Bermuda Triangle “

Pulau Masalembu sebenarnya sebuah pulau kecil yang berada di ujung Paparan Sunda. Pulau-pulau kecil ini berada di daerah “pertigaan” laut yaitu laut Jawa yang berarah barat timur dan selat Makassar yang memotong berarah utara-selatan. Duapuluh enam tahun yang lalu KM Tampomas II terbakar di
laut dan karam pada tanggal 27 Januari 1981.

Kalau dibandingkan dengan Segitiga Bermuda, lokasi Segitiga Masalembo juga tidak menunjukkan keanehannya. Sepertinya keangkeran segitiga Masalembo ini lebih ditentukan oleh faktor gangguan alamiah yang bukan mistis. Yang mungkin paling dominan adalah faktor meteorologis termasuk didalamnya faktor cuaca, termasuk didalamnya angin, hujan, awan, kelembaban air dan suhu udara yang mungkin memang merupakan manifestasi dari konfigurasi batuan serta kondisi geologi, oceaografi serta geografi yang sangat unik.

Kalau memang Masalembo Triangle ini banyak menimbulkan masalah transportasi (lalulintas), tentunya perlu rambu-rambu lalulintas laut yang lebih canggih ditempatkan di lokasi ini. Tetapi bukan berarti zona terlarang masa sih kita tidak boleh melewatinya sepanjang masa. Misalnya mercusuar khusus, penempatan radar pemantau. Juga yang tak kalah penting penelitian saintifik tentang perilaku arus air laut, serta cuaca di daerah ini.

Misteri Segitiga Bermuda Indonesia

Penyebab kecelakaan pesawat, selain umumnya disebabkan oleh cuaca yang buruk, juga disebabkan karena adanya air pocket. Air pocket yang berarti wilayah yang memiliki tekanan udara rendah sehingga bisa membuat pesawat kehilangan ketinggian secara tiba-tiba. Akibatnya pesawat bisa terlempar ke atas atau ke bawah.

Di perairan Masalembo, Sulsel terdapat kawasan Segitiga Bermuda ala Indonesia. Di perairan ini, tiga pesawat hilang berurutan pada 1961.
Ketika itu, sebuah pesawat milik Garuda dinyatakan hilang saat melintas diatas perairan tersebut. Ketika tim evakuasi mencarinya, mereka pun seolah ditelan alam.

Begitu pula dengan helikopter yang hendak menolong.
Segitiga bermuda di Indonesia merujuk pada segitiga bermuda yang terletak di Indonesia. Dugaan itu muncul akibat hilangnya pesawat Adam Air di perairan Indonesia, dan menurut pengamat, sebelumnya juga terdapat pesawat yang hilang di perairan itu. Perkiraan lokasi segitiga bermuda berada di Laut Masalembo yang disebut Segitiga Masalembo. Segitiga bermuda lainnya ada di selatan laut Jawa, tetapi sangat selatan sehingga tidak ada dalam wilayah teritorial Indonesia, dan lebih condong ke Australia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar